Kantor Imigrasi Ponorogo Laksanakan Operasi Serentak “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Ponorogo.

Ponorogo – Rabu (27/12) Tingkatkan kewaspadaan menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta Pemilu dan Pilkada 2024, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo melalui Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian menggelar Operasi Serentak “Jagratara” pada lokasi strategis yang memiliki potensi kerawanan di Kabupaten Ponorogo.

 

 

Kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat edaran Direktorat Pengawasan Dan Penindakan pada Direktorat Jenderal Imigrasi yang dilakukan serentak oleh UPT seluruh Indonesia.

 

 

Dalam kegiatan ini Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Bapak Januwardi Eka Arip N dan Kasubsi Intelijen Keimigrasian Zainul Fikri memimpin langsung Tim operasi serentak yang terdiri dari anggota Seksi Inteldakim Kanim Ponorogo.

 

 

Operasi Serentak ini dilakukan di beberapa lokasi di Kabupaten Ponorogo diantaranya PT. Jinya konjac dan Unida Darussalam Gontor. Pemilihan lokasi ini merupakan hasil dari mitigasi resiko yang dilakukan sebelumnya dengan mempertimbangkan risiko dan kerawanan yang ada.

 

 

Kegiatan Operasi Serentak “JAGRATARA” dilaksanakan di 2 (dua) lokasi yang berbeda. Pada lokasi yang pertama tim melakukan pengawasan di PT. Jinya Konjac. Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan tumbuhan Porang yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing. Dalam pengawasan tersebut tim melakukan pemeriksaan dokumen Keimgrasian pada WNA disana dan melakukan  pengamatan pada kegiatan perusahaan.

 

 

Dari hasil pemeriksaan dokumen Keimigrasian dan Pengamatan yang dilakukan tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian berupa administratif ataupun penyalahgunaan ijin tinggal. WNA di perusahaan tersebut telah mengantongi ijin tinggal yang sah dan masih berlaku.

 

 

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengamanan dalam rangka menjelang natal dan tahun baru serta Pemilu dan Pilkada tahin 2024. Kemudian dengan adanya kegiatan ini agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarkat Ponorogo khususnya. Tadi juga disampaikan kepada pihak Manajemen perusahaan agar selalu memonitor kegiatan orang asing yang dipekerjakan serta selalu memperhatikan Keselamatan dan safety dalam bekerja sehingga tidak terjadi hal hal yang tidaj diinginkan” ujar Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.

 

 

Kemudian pada lokasi yang ke 2 (dua) tim melakukan pengawasan di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) Ponorogo. Hal ini mengingat saat ini terdapat  mahasiswa asing yang sedang berkuliah di Universitas Darussalam Gontor. Fokus pengawasan kali ini tim menitikberatkan pada kegiatan atau aktifitas mahasiswa asing diluar perkuliahaan khususnya dalam menggunakan Sosial Media. 

 

 

Kasubsi Intelijen Keimigrasian Bapak Zainul Fikri menyampaikan agar mahasiswa asing khususnya agar dapat bijak dalam menggunakan sosial media apalagi saat ini di Indonesia sedang memasuki tahun Politik. Pihak Universitas atau selaku penjamin juga diminta aktif dalam memonitor kegiatan yang dilakukan mahasiswa asing yang saat ini sedang berkuliah di Universitas Darussalam Gontor.

 

 

Kemudian diakhir kegiatan pengawasan pihak Universitas Darussalam Gontor mengapresiasi langkah yang dilakukan Kanim Ponorogo khususnya dalam menjaga dari isu-isu yang mengganggu stabilitas keamanan dan pihak Universitas siap turut berpartisipasi khususnya mengontrol dan bertanggung jawab pada mahasiswa asing sedang berkuliah di Universitas Darussalam Gontor.

 

 

IPON PROMAX Siap WBBM
Imigrasi Ponorogo Profesional Melayani Maximal

Silakan Berikan Rating Anda :
5/5
pop up

S-DAWET JABUNG

Terima kasih sudah menggunakan layanan ini, bagaimana pengalaman anda berkunjung di Layanan ini, Silakan berikan Rate.